Find us : Rss T F Smbb

Sistem Pembelajaran

Dalam melaksanakan pembelajaran, Fakultas IlmuTerapan menerapkan pembelajaran berbasis kompetensi. Kompetensi adalah akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu deskripsi kerja secara terukur, melalui aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada pekerjaannya. Kemampuan ini adalah:

  • Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data, serta menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komperhensif.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

Setiap mata kuliah dibagi menjadi beberapa bahan kajian yang menunjukkan kompetensi yang harus dikuasai. Untuk menentukan tingkat kompetensi, tiap kajian akan diuji untuk menentukan derajat pemahaman, yang dibagi menjadi:

  • Kompetensi Dasar: mampu menguasai konsep yang diberikan,
  • Kompetensi Menengah: menguasai kompetensi dasar dan mampu memecahkan masalah dengan mengikuti petunjuk yang ada,
  • Kompetensi Mahir: menguasai kompetensi menengah dan mampu memecahkan masalah secara mandiri atau mengembangkan solusi pemecahan masalah secara mandiri.

Lulusan Fakultas Ilmu Terapan diharapkan agar menjadi pribadi yang siap kerja. Untuk itu, selain keterampilan teknis (hard skill), lulusan diharapkan memiliki soft skill yang baik. Untuk melatih soft skill danmenerapkan nilai-nilai luhur serta etika profesionalitas, terdapat pembelajaran berkesinambungan yang dituangkan dalam Pendidikan Karakter Mulia yang dilaksanakan selama empat semester.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan dunia kerja, tersedia juga skema Kerja Industri, yang memberikan pengalaman kerja secara nyata  (sebagaipegawai) di perusahaan terkemuka.