Find us : Rss T F Smbb
KERJA INDUSTRI MAHASISWA POLITEKNIK TELKOM
Thursday, 2013-05-02 (10:55:51)
319

Sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi terkemuka, Politeknik Telkom menargetkan para lulusanya, selain memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi, juga bisa diserap langsung oleh dunia industri. Salah satu program yang dilakukan Politeknik Telkom sejak tahun 2011 adalah mengirimkan mahasiswa yang berada di semester 5 atau 6 ke dunia industri untuk bekerja secara penuh selama 1 semester, yang dikenal dengan program Kerja Industri (KI) atau Magang. Program KI bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman bekerja yang sesungguhnya bagi mahasiswa Politeknik Telkom sambil tentunya mengasah kemampuan soft skillsdan hard skills mereka. Pelaksanaan KI berlangsung selama 1 semester, dan selama mengikuti program, mahasiswa dibebaskan dari perkuliahan.

Pelaksanaan Kerja Industri tahun 2013 dimulai bulan Maret hingga pertengahan tahun 2013. Beberapa perusahaan yang sudah menyerap mahasiswa Politeknik Telkom dalam program KI ini diantaranya adalah: ILO (International Labour Organization), PT. Telkom Akses, PT. Media Telekomunikasi Mandiri, PT. Datacomm, PT. Springfileds Asia, PT. Tech Mayantara Asia, dan PT. Infomedia Nusantara. Jumlah keseluruhan mahasiswa yang melaksanakan program KI di perusahaan-perusahaan ini sebanyak 390 mahasiswa, yang berasal dari 3 prodi; Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Komputerisasi Akuntansi.

Kegiatan KI ini merupakan salah satu program unggulan Politeknik Telkom yang memberikan pengalaman berbeda dibanding perkuliahan di kelas. Mahasiswa dapat memperoleh banyak pengetahuan tambahan seperti pemahaman dan implementasi kegiatan kerja, administrasi dan pengelolaan perusahaan, peningkatan kemampuan komunikasi dan kerjasama, perluasan jejaring, serta kepatuhan terhadap peraturan kerja. Dengan bekal pengalaman serta manfaat yang didapatkan mahasiswa Politeknik Telkom dalam program KI ini, mahasiswa menjadi lebih siap bekerja bahkan dapat langsung direkrut oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Mahasiswa yang melaksanakan KI mendapatkan gaji dari masing-masing perusahaan, serta fasilitas penunjang lainnya seperti fasilitas transportasi, asuransi kerja, tempat tinggal atau mess, perjalanan dinas, serta fasilitas lainnya berdasarkan aturan tiap perusahaan. Perusahaan memperlakukan mahasiswa yang melaksanakan KI sama dengan pegawai lainnya, termasuk kewajiban mengikuti aturan yang berlaku di perusahaan.

Program KI ini mendapat respon yang luar biasa dari banyak perusahaan terutama dari Telkom group. Selain kompetensi mahasiswa Politeknik Telkom dapat dipercaya, program ini bisa menjadi sarana bagi perusahaan untuk menerapkan program CSR dan menjalin hubungan Link and Match dengan perguruan tinggi.