Find us : Rss T F Smbb
Politeknik Telkom Meraih Juara III dalam National Polytechnic English Debating Contest (NPEDC) XI
Friday, 2012-07-06 (11:10:14)
251

Tim debat bahasa Inggris Politeknik Telkom kembali meraih prestasi di tingkat Nasional, kali ini melalui National Polytechnic English Debating Competition (NPEDC) XI 2012 atau Lomba Debat Bahasa Inggris antar Politeknik se-Indonesia yang berlangsung di Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku Tenggara, pada tgl 25-31 Mei 2012 yang diikuti oleh 34 tim dari Politeknik Negeri maupun Swasta seluruh Indonesia. Dengan semangat juara dan berbekal latihan yang cukup, Tim debat yang terdiri dari Devki Rekhana Zanna, Apriandana Darmawan Pribadi, Mohammad Rofi Arofah, dan Nurul Husni Waris meraih 2nd runner up (juara ke-3), sedangkan juara 1 dan 2 diraih oleh Politeknik Negeri Medan dan Politeknik LP3I Medan.

 

Keikutsertaan tim debat bahasa Inggris Politeknik Telkom dalam NPEDC XI ini merupakan kali keempat, dan prestasi dalam NPEDC XI kali ini tergolong membanggakan karena dalam perhelatan NPEDC sebelumnya Politeknik Telkom hanya mampu meraih peringkat 8 (delapan) besar. Diharapkan dalam perhelatan NPEDC tahun berikutnya, Politeknik Telkom mampu meraih prestasi yang jauh lebih baik lagi, demikian dikatakan oleh Ibu Desy Dwi Nur Handayani, MM selaku Asisten Manajer Kemahasiswaan.

 

Dalam perjalanan meraih juara ke-3 dalam perhelatan NPEDC XI ini, tim debat Polilteknik Telkom tidaklah mudah. Dalam Preliminary rounds 1 sampai 3, Politeknik Telkom berhasil mengalahkan Politeknik  Negeri Balikpapan, Politeknik  Negeri Bali (8 besar NPEDC X Palembang) dan Politeknik  Negeri Samarinda (8 besar NPEDC X Palembang). Akan tetapi pada Preliminary rounds 4, Politeknik Telkom dikalahkan oleh Politeknik  Negeri Medan yang kemudian menjadi Juara 1 NPEDC XI tahun ini. Selanjutnya dibabak Octo Final dan Quarter final Politeknik Telkom kembali menuai kemenangan atas Politeknik Negeri Lhoksumawe Aceh dan Politeknik  Negeri Malang (Juara bertahan 2 tahun berturut-turut NPEDC IX di Samarinda dan X di Palembang). Politeknik LP3i Medan menjadi lawan berikutnya di semi final, pada babak ini kemenangan seolah enggan berpihak kepada Politeknik Telkom, sehingga Politeknik Telkom harus puas dengan menduduki peringkat ke III atau  2nd runner up bersama Politeknik Negeri Ujung Pandang.

 

Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa English Community (UKM EC), Bapak Pikir Wisnu Wijayanto, M.Hum, mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras tim, pelatih serta dukungan dari seluruh civitas akademika Politeknik Telkom. Tim debat yang juga merupakan anggota dari UKM EC tersebut, mempersiapkan keikutsertaannya dalam NPEDC XI tahun 2012 sejak 6 (enam) bulan yang lalu di bawah pengawasan pembina serta pelatih yang berasal dari alumni. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari manajemen, terutama Direktur Politeknik Telkom Bapak Budi Sulistyo, MT serta Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, Marketing, dan Kerjasama Bapak Christanto Triwibisono, MM yang telah memberikan dukungan yang luar biasa bagi tim debat Politeknik Telkom kali ini, paparnya.

 

Kegiatan ini diharapkan bisa terus dilaksanakan sehingga silaturahmi antar Politeknik di Indonesia terus terjalin serta tentunya kemampuan berdebat mahasiswa-mahasiswi Politeknik Telkom tidak akan kalah dengan perguruan tinggi yang lain. Selain itu, ajang ini juga meningkatkan kemampuan soft skill para mahasiswa sehingga setelah tamat nanti bisa memiliki daya saing di dunia industri dan dunia kerja.

 

Sebagai informasi tambahan, untuk kedua kalinya secara berturut-turut, adjudicator dari Politeknik Telkom, Bapak Pikir Wisnu Wijayanto, M.Hum dipercaya menjadi Chair Adjudicator serta diberi kepercayaan sebagai salah satu adjudicator dalam Acara Grand Final NPEDC X tahun 2011 dan XI tahun 2012. Sebagai bentuk apresiasi, Politeknik Telkom diberikan kepercayaan sebagai fasilitator dalam Rapat Koordinasi (Rakor) para Adjudicator NPEDC pada tanggal 30 Juni s.d 2 Juli 2012. Usulan ini merupakan hasil pertemuan Badan Koordinasi Kemahasiswaan (Bakorma) yang diwakili oleh para Pembantu Direktur atau Wakil Direktur 3 bidang kemahasiswaan. Agenda utama dalam Rakor Adjudicator kali ini adalah penyempurnaan Konstitusi Perubahan Nama NPEDC yang rencananya mulai tahun 2013 akan memfasilitasi berbagai jenis lomba dalam bahasa Inggris (English multi-events). Jadi, kompetisi yang dilaksanakan tidak hanya debat, tapi juga Speech Contest, Story Telling, News Casting, Stand Up Comedy, dan lain-lain sehingga diharapkan akan jauh lebih menarik dan kompetitif.

 

Semoga tahun depan, Politeknik Telkom dapat  berprestasi lebih baik lagi. Selamat!